Selasa, 12 Februari 2013

Koreografer “PROTAGONIS”



Elfhera Rosawati

Seperti garapan Teater MATAN sebelumnya, garapan berjudul PROTAGONIS karya Monda Gianes, juga akan memasukkan tarian modern ke dalam garapan yang direncanakan pentas tanggal 22, 23 dan 24 Maret 2013, di Anjung Seni Idrus Tintin, Bandar Serai, Pakanbaru ini. Tarian menjadi hal yang penting dalam setiap pementasan Teater MATAN. Selain sebagai ciri khas kelompok Teater MATAN, unsur tarian juga merupakan daya tarik untuk menghibur penonton, sehingga penonton nantinya tidak saja disuguhkan dialog-dialog, tetapi juga tarian. Dengan demikian, penonton tidak akan jemu menikmati pementasan teater yang dipegelarkan oleh Teater MATAN.
Untuk menggarap (koreografer) tarian PROTAGONIS ini, Teater MATAN mempercayai koreografer muda Riau, Elfhera Rosawati. Walau tergolong masih muda, Elfhera sudah sering mengikuti acara tari di dalam maupun di luar negeri. Baru-baru ini, Elfhera Rosawati, mewakili Provinsi Riau berkunjung ke negeri Thailand dalam bidang tari. Elfhera Rosawati merupakan alumni Jurusan Seni Tari di Akademi Kesenian Melayu Riau. Selain sebagi penari, dara yang lahir di Selatpanjang pada tanggal 18 Maret 1990 ini juga sering menggarap tarian. Cukur Rambut, Ulang Tahun, Bujang dan Gadih Getah, Begawai, merupakan hasil rasa dan pemikirannya yang dituang dalam karya seni tari.  
Memilih Fhera, panggilan akrab gadis murah senyum ini, untuk menggarap tarian PROTAGONIS, bukan tanpa alasan. Selain mempertimbangkan karya-karya yang pernah digarap Fhera, Fhera juga sudah sejak lama sangat dekat dengan Teater MATAN (sebelumnya bernama Teater MARA). Pada setiap garapan Teater MATAN, Fhera sering ikut terlibat dalam produksi, paling tidak ia membantu make up atau pun membantu menyediakan kostum. Kali ini, Teater MATAN mempercayai Fhera sepenuhnya untuk ‘menyulam’ gerak pada garapan PROTAGONIS. Fhera juga dikenal menyukai modern dance terutama tarian yang berasal dari Korea.
Mudah-mudahan dengan melibatkan generasi muda dalam garapan Teater MATAN, kelompok ini akan melahirkan pekerja-pekerja seni di Riau. Amin.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar