Sabtu, 09 Maret 2013

Menggabungkan Aktor Lama dan Aktor Baru



Garapan Teater ‘PROTAGONIS’

Garapan teater berjudul PROTAGONIS naskah dan sutradara dikerjakan oleh Monda Gianes, memiliki makna tersendiri bagi Teater MATAN. Selain garapannya menggabungkan nilai tradisi dan modern, garapan teater ini juga menggabungkan aktor lama dan aktor baru. Bambang Kijok, Dewi MN dan Jefri Al Malay merupakan pemain teater yang sudah lama tidak naik panggung. Mereka hilang ditelan rutinitas pekerjaan mereka, padahal mereka memiliki potensi besar di dunia teater.
Di saat gagasan PROTAGONIS dibentangkan pada akhir tahun 2012, mereka (Kijok, Dewi dan Jefri) bersedia dan bersemangat untuk turun gelanggang. Rupannya teater belum terkikis dari hati mereka. Kijok yang kini sibuk mengurus perusahaan EO-nya, walaupun volume latihannya tidak seperti kawan-kawan lain, Kijok berusaha tetap hadir latihan. Jefri Al Malay, tercatat sebagai guru di Bengkalis, sangat antusias ikut bergabung dalam garapan PROTAGONIS ini. Begitu juga Dewi MN, yang kesehariannya menggurus anak-anak sekolah Tunas Bangsa, meluangkan waktunya untuk tetap latihan. ‘Darah’ teater yang ada di tubuh mereka memang tidak bisa dihilangkan. Bagi mereka, ada kepuasan batin yang susah diungkapkan di dunia teater. “Duit memang tidak ada, tapi teater memenuhi batin saya,” ujar Kijok yang pernah menyutradarai naskah Burung Tiung Seri Gading karya Hasan Junus ini.
Sementara itu, aktor baru yang ikut garapan Monda ini, antara lain Juliardi, Erik Febrian, Habib Syahbana, Ade Fuazi, Al, Aidil, Dwi dan Ria. Dari sekian nama ini, mereka belum pernah ikut andil di garapan Teater MATAN dan garapan PROTAGONIS inilah yang pertama kalinya. Jul, Erik dan Habib yang dikenal dengan sebutan Tiga Pendekar ini, memang seperti menjadi ikon Teater MATAN. Dalam garapan PROTAGONIS, ketiga pendekar itu akan memperlihatkan kebolehan mereka selain berakting juga dibebankan untuk menari modern dance.
Selain penggabungan aktor lama dan aktor baru, garapan PROTAGONIS ini juga diperkuat aktor-aktor yang sudah terbiasa dengan garapan Teater MATAN. Deni Afriadi, Syarifuddin, Ridwan, Fahru, Siti Aminah, Rosimah, Riki, Jamaludin akan memperlihatkan akting dan sekaligus menari dan bernyanyi di PROTAGONIS ini. “Garapan kali ini, kami bukan saja dituntut bisa berakting dan menari, kami harus juga bernyanyi. Garapan Bang Monda ini, ada tarian dan nyanyian di dalamnya,” ujar Deni Afriadi senang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar