Sabtu, 10 November 2012

Mengenang Idrus Tintin





Pukul 12 malam, tibe-tibe hp saye berdering, di layer muncul nama Idrus Tintin. Saye cepat-cet menekan tombol ‘yes’.
Idrus Tintin : Berkesenian itu same dengan kita menjaga marwah.
Saye : Apekah perlu di zaman sekarang ini marwah kite jage, Pak?
Idrus Tintin : Berbuat. Secara tidak langsung berbuat dalam kesenian kita telah menjaga marwah. Marwah, harga diri perlu ditegakkan. Itulah nilai manusia yang paling tinggi.
Saye : Pada zaman sekarang duit adalah marwah.
Idrus Tintin : Jangan bicara tentang duit dulu, berbuat saje, nanti kau akan menghasilkan duit. Berkesenian itu perlu proses, kesenian tak same membuat telor mate sapi.
Saye : Mungkin itu zaman dulu Pak?
Idrus Tintin : Kite menentukan keadaan zaman. Kalau kau berkesenian hanye memikirkan berape duit yang masuk, make tak usah berkesenian, lebih baik kau jadi pedagang atau jadi peternak kambing; itu jelas ade duit masuk. Berkesenian meletakkan kau punye harga diri tinggi dan kau tidak akan dapat dibeli dengan duit. Berkesenian itu hati yang bicara. Seperti kau bicara dengan aku sekarang ini; kau kan tak pernah berharap dapat duit mengeluarkan kata-kata dari mulut kau tu kan?
Saye : Tapi nak berkesenian itu tak same dengan berkata-kata Pak? Memproduksi kesenian butuh modal besar. Membuat kostum, membayat crew, lampu, publikasi…
Idrus Tintin : Tak usah kau menganjar aku berkesenian, tahulah aku semuanya. Kalau kau berpikir seperti itu, tak akan pernah muncul kesenian di negeri ini.
Saye : Jangan merajuk Pak.
Idrus Tintin : Aku bukan merajuk, pantang bagi aku bersurut ke belakang. Itulah yang diajarkan kesenian kepada aku. Berkesenian itu adalah bersikap; tak bisa ditawar-tawar. Jangan kesenian diperkecil maknanye dan berkesenian itu bukan saje di atas panggung dalam gedung yang mewah, tapi di setiap tarikan nafas; kita berkesenian.
Saye : Permasalahannye Pak, dana untuk kesenian itu banyak tersedia…
Idrus Tintin : Memang banyak orang bercocok tanam dan menuai di ladang kesenian. Bagi seniman itu bukan tujuan utama. Kalaulah boleh disandingkan, seniman itu same dengan nabi; nabi tak pernah minta dibayar menyebarkan kebenaran, tapi kalau ada orang menyuguhkan segelas air untuk menghilangkan dahaga ketika ia berdakwah, maka tidak salah ia meneguk air itu.
Saye : Idealnye memang seperti itu agaknye…
Idrus Tintin : Tak pakai agak-agak. Nak berkesenian, teguhkan sikap terlebih dahulu.
Saye : Itu dulu Pak, sekarang duit untuk berkesenian itu bersepah, namun seniman hanye jadi sapi perahan.
Idrus Tintin : Kau bercakap tu pakai otak! Yang menyuruh kalian jadi sapi tu siapa? Kalian yang mau kan? Kalau kalian tahu duit kesenian itu banyak, kenapa kalian diam saja? Kenapa kalian mau dibayar Rp 250.000 setelah pementasan? Kenapa kalian membiarkan orang-orang memanfaatkan kesenian? Bergerak, buktikan bahwa kalian punye sikap, bukan sebaliknye kalian diperbudak duit dan membiarkan orang membelasah duit kesenian itu. Kalau perlu kalian datang ke kantor gubernur, DPRD, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan dan instansi-instansi yang berhubungan dengan kesenian, cakap kepade mereka dengan tangan terkepal: Jangan permainkan seniman!
Tibe-tibe percakapan kami terputus. Saye terhenyak, beberape saat termenung. Akhirnya saye sadar, dan teringat bahwa Pak Idrus telah meninggal dunia 9 tahun yang lalu, tepatnye 14 Juli 2003. Terkenang saye semase Pak Idrus masih hidup; dielah yang menggerakkan seniman menuju kantor Dinas PdK, mempertanyekan dana kesenian yang katenye mau ‘disunat’. Pak Idrus juge mengibarkan perlawanan diikuti beberapa orang seniman, ketika asap merajelele menutupi daerah ini. Saye teringat ketike Pak Idrus memberikan duit Rp 30.000 dari honornye sebesar Rp 100.000 kepade saye, setelah menjadi pembicara pelatihan teater yang diadakan Sanggar Teater Pandan Sembilan (Norham Wahab). Aduhhh… Pak, kami betul-betul kehilangan Bapak.
Pada tanggal 10 November, bertepatan hari lahir Idrus Tintin. Untuk mengenang almarhum, beberapa kelompok teater yang difasilitasi Dewan Kesenian Riau, melakukan aksi teater di jalan dan Laman Bujang Mat Syam, Bandar Serai. Dan tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Teater Modern Riau.
Aksi teater ini dilakukan dari pukul 10 pagi sampai pukul 12 malam. Adapun kelompok yang ikut aksi teater ini, Sanjayo (Kampar Kiri), Teater Matan, Selembayung, Komunitas Rumah Sunting, Riau Beraksi, Keletah Budak, Komunitas Kita (UIN), HMJ Teater (STSR), Sagara (FIB Unilak), SMA N 5 Pekanbaru, SMKN I Pekanbaru.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar